Monday, June 16, 2014

Belanda Ancaman Serius Brazil


Spanyol Dibantai, Iniesta Bingung
Foto : www.uefa.com

Robin van Persie dan Arjen Robben adalah dua pemain yang menginspirasi Belanda untuk mengalahkan Spanyol dengan skor 5-1. Hasil ini merupakan catatan sejarah tersendiri dalam Piala Dunia FIFA, Spanyol kebobolan lebih dari empat kali untuk pertama kalinya sejak 1963.
Praktis setelah sebuah penalti Xabi Alonso yang membuat juara bertahan unggul, Spanyol selalu gagal untuk menambah keunggulan termasuk saat David Silva membuang peluang untuk menggandakan keunggulan. Titik balik bagi Belanda adalah setelah Van Persie dan Robben masing-masing mencetak dua gol. Van Persie dengan sundulan cantiknya dan Robben melalui serangan balik setelah mengecoh Sergio Ramos dan Pique, tendangan keras kaki kirinya merobek jarring Casillas.
Tiki Taka ala Spanyol sudah mulai mudah ditundukkan dengan pola serangan balik ala Belanda tanpa harus memarkir bus. Pemain Belanda hanya melakukan pressing ketat kepada semua pemain Spanyol yang memegang bola. Cara ini pula yang membuat Casilass melakukan blunder fatal ketika bola backpass tidak bisa dikuasainya dan dengan mudah RPV membobol gawang Spanyol yang telah kosong.
Kunci kemenangan Belanda adalah ketika Xavi dan Iniesta benar-benar tidak berkutik sehingga bola dari mereka tidak bisa mengalir menjadi umpan-umpan yang nisa memanjakan para pemain depan Spanyol. Belanda telah memberikan contoh bagaimana cara bermain sepakbola efektif tanpa harus mencederai permainan sepakbola itu sendiri. Apakah pola permainan Belanda ini akan menjadi inspirasi Tim lain untuk menundukkan Tim yang memiliki pola menyerang seperti Brazil, Argentina?. Kita lihat nanti pada episode pertandingan Piala Dunia 2014 berikutnya.

Oleh : Hendro Santoso/Hensa

Bandung 14 Juni 2014

No comments:

Post a Comment