Tuesday, December 17, 2013

SEA GAMES 2013 : Indonesia Langsung Fokus ke Semifinal

  Pesepakbola Indonesia meluapkan emosinya saat pertandingan sepakbola babak penyisihan Sea Games 2013 melawan Myanmar di Stadion Youth Training Center Yangon, Senin (17/12).  (Republika/Edwin Dwi Putranto)
Foto : Republika/Edwin Dwi Putranto

Yangon - Kelolosan Indonesia ke semifinal cabang sepakbola SEA Games XXVII disambut suka cita sang pelatih Rahmad Darmawan. Ia meminta anak asuhnya langsung fokus ke laga semifinal.

Menghadapi laga harus menang demi tiket lolos dari fase grup, Indonesa memenuhi misinya itu dengan mengalahkan Myanmar lewat gol tunggal Alfin Tuasalamony dari titik putih.

Dengan raihan tujuh poin, Indonesia unggul head to head dari Myanmar yang juga punya poin sama. 'Merah Putih' berhasil menghindar dari lubang jarum dan lolos menemani Thailand yang jadi juara grup.

Kini para pemain Indonesia bisa berlega hati terutama Rahmad, yang sejak dimulainya fase grup mendapat kritik karena tak bisa membawa Indonesia tampil baik. Terutama saat dikalahkan Thailand dan diimbangi Timor Leste.

Dengan kelolosan ini, maka Indonesia kemungkinan akan melawan Malaysia atau Vietnam di semifinal. Maka itu mereka pun diminta tak berleha-leha dan segera fokus untuk laga tersebut.

"Saya rasa hari ini semua pemain berada pada puncak performa. Sekarang fokus lawan Malaysia atau Vietnam," ujar Rahmad usai pertandingan, Senin (16/12/2013) malam WIB.

"Hari ini, kami terus meningkat sejak laga kedua. Semoga tidak berhenti sampai di sini. Jika bisa seperti ini, kami siap hadapi siapapun di semifinal. Sekarang saya hanya fokus pada pemulihan," sambungnya.

Lebih lanjut Rahmad pun menuturkan bahwa dirinya meminta anak asuhnya untuk tampil tanpa beban mengingat mereka awalnya punya beban lebih berat dibanding Myanmar, yang sebetulnya cuma butuh hasil imbang untuk lolos.

"Saya hanya menempatkan pemain di posisi underdog, saya tahu masalahnya bukan teknis, tapi mental. Sejak pertandingan pertama saya tahu mereka tertekan dan berusaha pompa semangat tapi tak juga berhasil. Dengan ada di posisi underdog, mereka bisa lepas dari tekanan," demikian dia.
(ads/mrp)

Amalia Dwi Septi - detikSport

http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/12/17/021438/2443861/76/indonesia-langsung-fokus-ke-semifinal?b99220170




No comments:

Post a Comment