Wednesday, January 30, 2013

Demam El Clasico Menjangkiti Kota Madrid

Demam El Clasico Menjangkiti Kota Madrid
net
FOTO TRIBUNNEWS.COM

TRIBUNNEWS.COM – Madridista --julukan suporter Real Madrid-- sudah menghitung mundur jam pertandingan Copa del Rey. Ibukota Spanyol, Madrid, dijangkiti demam El Clasico. Performa impresif tim ibukota Spanyol dalam beberapa laga terakhir memunculkan harapan besar fans Madrid bakal berjaya.
Sebuah antrian panjang manusia tak terelakkan di depan Stadion Santiago Bernabeu. Jalan-jalan menjadi macet, semuanya berebut mendapatkan tiket laga El Clasico antara Madrid kontra Barcelona pada leg pertama semifinal Copa del Rey, Kamis (31/1/2013) dinihari.
El Clasico telah membuat ribuan warga Madrid gila. Pemandangan antrian tiket panjang tak pernah terlihat selama bertahun-tahun. Dua sumber tempat memesan tiket, website dan saluran telepon, dikabarkan rusak akibat tak mampu lagi menampung ledakan pemesan.
Harga kursi berkisar 40 sampai 180 euro (28 sampai 126 euro untuk anggota) cepat sekali terjual. Ini menandakan tak satupun dari kursi yang tersedia di Stadion Bernabeu berkapasitas 120 ribu kursi penonton itu bakalan kosong.
Ini memberi keuntungan bagi tim Madrid. Venue laga yang bertempat di kandang, Santiago Bernabeu, disebut sang megabintang Madrid Cristiano Ronaldo menjadi faktor plus yang mestinya dapat dimaksimalkan Los Blancos.
"Kami bermain di rumah, yang merupakan kesempatan besar untuk melakoni laga yang sukses. Saya berharap ini akan menjadi malam luar biasa bagi kami dan kami siap untuk pertandingan besar tersebut," kata Ronaldo di situs resmi Madrid.
Usaha Madrid menjuarai Copa del Rey dihentikan Barca ketika kalah dengan agregat 3-4 musim lalu. Musim ini Madrid tak boleh mengulang hal sama sebab trofi Copa bisa jadi satu-satunya trofi yang bisa didapatkan Madrid setelah mereka tertinggal 15 poin dari Barcelona di kompetisi La Liga.
"Kami di sini tidak akan membicarakan posisi di klasemen. Pertandingan di ajang Copa selalu beda dengan pertandingan di liga. Kami ingin melihat peluang kami tahun ini," kata gelandang Xabi Alonso seperti dikutip TRIBUNnews.com dari thisdaylive.com
Sayangnya Los Blancos tak akan diperkuat sejumlah pemain kunci seperti Iker Casillas, dan Pepe akibat cedera juga Sergio Ramos, Angel di Marid, dan Fabio Coentrao yang harus menjalani sanksi, namun tetap saja laga El Clasico adalah panggung para bintang sepakbola dunia yang ada di dua kesebelasan.
Bertamu ke kandang rival abadi Madrid, gelandang Barcelona Sergio Busquets menegaskan Barcelona tak akan puas memperoleh hasil imbang. Meski pada El Clasico terakhir yang terjadi di La Liga, kedua tim bermain imbang 2-2 di Camp Nou.
Kemenangan menjadi target yang ingin dicapai El Catalans. Namun, andaipun terealisasi, menurut Busquets itu bukan berarti tiket partai puncak telah aman dalam genggaman Barca. Masih ada leg kedua yang bakal mentas di Camp Nou.
Dengan kondisi Madrid kehilangan sejumlah pilar penting tim, peluang Blaugrana membawa pulang hasil positif cukup terbuka, tapi Busquets tetap tak mau memandang enteng kekuatan sang musuh.
"Kami sangat baik, tapi secara fisik saya tak tahu bagaimana keadaan mereka. Kami tenang. Laga ini pastinya akan intens. Kami tak dapat menentukan duel pada Rabu, dan kami pun tak akan memilih hasil imbang," kata gelandang bertahan jempolan tersebut.
Maestro gelandang Barca, Xavi Hernandez, juga menegaskan Barcelona tak bisa memandang sebelah mata Madrid meski akan ditinggal sejumlah pemain pilar. "Pertandingan ini selalu tidak bisa diprediksi. Kami berada dalam kondisi baik untuk berkompetisi tapi apa pun bisa terjadi dalam sepakbola dan terutama melawan Madrid. Terlepas dari situasi sekarang, mereka lawan berbahaya," kata Xavi kepada Times of India.
Barca memang harus tetap waspada. Faktanya pasukan Jose Mourinho belum pernah kalah dalam tujuh partai kompetitif terbaru dengan lima di antaranya berujung kemenangan.
Panasnya pertandingan ini juga dibumbui dengan kemenangan besar yang diraih kedua tim di laga terakhir. Madrid menghancurkan Getafe 4-0 sementara Barca menenggelamkan Osasuna 5-1.(Tribunnews.com/cen)