Sunday, June 29, 2014

Belanda Road to Final


Arjen Robben dan kawan-kawan (Foto : Reuters/Tony Gentile)

Oleh : Hendro Santoso

Belanda sudah tiga kali masuk final Piala Dunia yaitu pada tahun 1974, 1978 dan 2010. Pada tahun 1974 Belanda dikalahkan Jerman, tahun 1978 dikalahkan Argentina dan tahun 2010 dikalahkan Spanyol. Pada Piala Dunia 2014 sejauh ini Belanda telah membuahkan prestasi sempurna dengan mengoleksi 3 kemenangan di Grup B mengumpulkan 9 poin. Gol memasukkan 10 gol dan hanya kemasukan 3 gol. Cukup fantastis produktivitas gol Belanda ini terbaik diantara Tim-tim peserta Piala Dunia ini. Perancis mungkin yang tercatat Tim produktif berikutnya dengan memasukkan 8 gol dan kemasukkan 2 gol.  Permainan Belanda saat mengalahkan Spanyol sangat mengesankan kekuatan antar lini yang solid sehingga banyak pengamat menjadikan Belanda sebagai salah satu Tim favorit juara. Ada tiga Pemain yang menjadi motor dalam pertandingan saat itu yakni Arjen Robben, Robin Van Persie dan Sneijder. Fase grup sudah dilewati Belanda dengan sempurna dan didepan sudah menunggu fase knock out babak 16 besar.

Meksiko adalah lawan Belanda di perdelapan final nanti. Meksiko bukan tim sembarangan karena di Grup A mengumpulkan nilai 7 poin sama dengan Brazil hanya kalah selisih gol sehingga Meksiko menempati runner up Grup A. Prestasi terbaik Meksiko di Piala Dunia 2014 ini yaitu bisa menahan Brazil tanpa gol. Jangan anggap remeh Meksiko. Tim ini memiliki kolektivitas permainan yang sangat baik. Catatan dalam fase Grup A, pertahanan Meksiko yang hanya kebobolan 1 gol menunjukkan kekuatan pertahanan yang solid.

Jika Belanda lolos dari hadangan Meksiko sudah menunggu pemenang antara Yunani dan Costarica. Kesebelasan yang disebut terakhir ini adalah fenomena luar biasa di Grup D. Costarica menjuarai grup D dengan mengalahkan Uruguay dan Italia serta bermain draw dengan England. Bayangkan tiga mantan juara dunia  dipecundangi Costarica. Jika Belanda nanti bertemu dengan Tim ini harus ekstra hati-hati dibandingkan jika Belanda bertemu dengan Yunani. Dengan kemampuan dan ramuan strategi pelatih berpengalaman seperti Van Gaal, Belanda di atas kertas lolos ke semi final.

Babak semi final nanti bagi Belanda merupakan pertemuan klasik dengan Argentina yang diprediksi akan lolos dengan mudah ke babak ini. Andai ini terjadi tentu saja Belanda harus bekerja sangat ekstra karena dalam Tim Argentina ada Lionel Messi. Kembali Van Gaal diuji lagi, strategi apa lagi yang akan diramu olehnya menjadi hal yang sangat menarik. Apakah strategi itu diterapkan seperti ketika mengalahkan Spanyol atau ada strategi lain?. Kita lihat nanti.

Saat Belanda bisa mengalahkan Argentina di semi final maka inilah saatnya Belanda masuk final yang ke empat kalinya dalam kontes Piala Dunia. Apakah Belanda harus gagal lagi di final?. Kita tunggu saja karena babak perdelapan final saja baru akan dimulai pekan depan. Salam.

Bandung 26 Juni 2014