Friday, June 13, 2014

BRAZIL 3 - 1 KROATIA Mengawali Piala Dunia 2014

Foto : LIVE antv/Hensa

Sebagai penantang Brazil di pertandingan pembuka Piala Dunia, Pelatih Kroatia, Niko Kovac mengandalkan Luka Modric sejak menit awal. Gelandang Real Madrid itu mendapat dukungan dari gelandang berteknik tinggi, Ivan Rakitic. Kroasia belum pernah menelan kekalahan sejak Kovac mengambil alih bangku kepelatihan pada November 2013 silam. Sedangkan Pelatih Brazil, Luis Felipe Scolari, mengandalkanNeymar pada fase grup A di Arena de Sao Paulo, Jumat 13 Juni 2014. Di kubu Kroasia, Luka Modric menjadi jenderal lini tengah.

Kick off dilakukan Kroatia dengan memainkan tempo lambat. Demikian pula Brazil masih mempermainkan bola dari kaki ke kaki dengan ball position yang lambat. Baru pada menit ke 7 sundulan Olic tipis ke sebelah kanan tiang gawang Julius Cesar. Satu menit kemudian tendangan keras Paulinho membentur pertahanan Kroatia hanya menyebabkan sepak pojok. Gol terjadi untuk Kroatia berawal dari sebelah kanan pertahanan Brazil yang terlambat di tutup oleh Daniel Alvez. Olic memberikan crossing namun bola ini salah diantisipasi oleh Marcelo sehingga bergulir ke arah gawang sendiri.  Kroatia unggul 1-0. Pada menit ke 13 peluang Brazil gagaldimanfaatkan oleh Neymar dan Fred hasil umpan tarik Oscar dari sisi kiri pertahanan Kroatia. Kartu kuning untuk Neymar pada menit ke 26 akibat sikutnya mendarat di muka Luca Modric. Akhirnya gol untuk Brazil tercipta pada menit ke 29 hasil tendangan akurat kaki kiri Neymar yang tidak bisa terjangkau Pletikosa, ke sudut kiri gawang Kroatia. Babak pertama kedudukan Brazil 1 - 1 Kroatia.

Pada babak kedua Kroatia sudah mulai berani menyerang namun selalu kandas di pertahanan Brazil yang dijaga oleh duet Thiago Silva dan David Luiz. Pada menit ke 64 Neymar dilanggar oleh Verdan dan mengakibatkan tendangan bebas dua meter di luar kotak penalti namun tendangan Neymar masih belum berhasil. Menit ke 68 Fred dijatuhkan di kotak penalti wasit dari Jepang ini memberikan hadiah penalti. Neymar sebagai algojo berhasil menjaringkan bola ke arah kanan gawang walaupun bisa di tepis oleh Pletikosa namun bola terlalu keras menghujam gawang Kroatia. Brazil unggul 2-1. Kroatia mulai bermain terbuka untuk mengejar ketinggalannya. Dalam 15 menit terakhir pertahanan Brazil benar-benar di bombardir serangan pemain-pemain Kroatia. Pada menit 87 Neymar ditarik digantikan oleh Ramires. Sisa 3 menit ini ternyata Brazil menambah gol melalui Oscar pada menit ke 90 melalui serangan balik yang diselesaikan dengan tendangan dari luar kotak penalti ke sudut kanan gawang Kroatia. Brazil 3 - 1 Kroatia. Kemenangan ini adalah awal yang bagus bagi tuan rumah dalam ambisinya meraih juara dunia. Selamat untuk Brazil
Berikut ini susunan pemain Brasil dan Kroasia.

Brasil: Cesar, Alves, Silva, Luiz, Marcelo, Gustavo, Paulinho, Hulk, Oscar, Neymar, Fred
Cadangan: Jefferson, Victor, Maicon, Dante, Henrique, Maxwell, Fernandinho, Ramires, Hernanes, Bernard, Willian, Jo
Kroasia: Pletikosa, Srna, Corluka, Lovren, Vrsaljko, Modrić, Rakitić, Perišić, Brozović, Olić, Jelavić
Cadangan: Zelenika, Subasic, Vida, Sammir, Vukojevic, Kovacic, Eduardo, Rebic

Sumber : Tribunnews.com.


No comments:

Post a Comment