Friday, June 27, 2014

Skenario Indah Jerman


Thomas Mueller
Foto : AP

Oleh : Hendro Santoso

Jerman akhirnya menjuarai Grup G dengan nilai 7 poin setelah dalam pertandingan terakhirnya mengalahkan Amerika Serikat 1 gol tanpa balas. Satu-satunya gol Jerman dicetak oleh Thomas Mueller pada menit ke 55. Walaupun kalah AS tetap lolos ke 16 besar karena Portugal hanya mampu mengalahkan Ghana dengan 2-1 sehingga selisih golnya masih minus 3 kalah baik dari AS.
Gol Mueller tercipta dengan diawali oleh sundulan Per Mertesacker di mulut gawang hasil umpan silang Mesut Ozil. namun bisa ditepis Tim Howard. Bola kemudian memantul ke luar kotak penalti dan di ujung kiri berdiri Mueler lalu dengan tendangan akurat berhasil menjebol gawang Amerika Serikat.

Dalam pertandingan ini Mueller memang hanya mencetak satu gol setelah sebelumnya melesakkan dua kali tembakan ke gawang AS , 37 total umpan dan beberapa kali aksinya mengancam gawang AS. Bomber Bayern Muenchen ini benar-benar menjadi momok bagi barisan belakang AS.
Sudah mencetak sembilan gol di Piala Dunia, Mueller berhasil melampaui dua nama legendaris seperti Diego Maradona dan Rudi Voeller. Selain itu, dengan torehan sembilan golnya, Mueller berhasil menyamai dua legenda Jerman Uwe Seeler dan Karl Heinz Rummenigge

Teringat tulisan saya sebelumnya bahwa Jerman cukup mengalahkan AS hanya dengan selisih 1 gol sudah bisa mengantar AS ke 16 besar. Satu gol ini menjamin kehormatan Jerman tidak ternoda namun sekaligus membawa Jurgen Klinsmann ke babak 16 besar. Sungguh skenario yang indah bagi Jerman dan Klinsmann.

Walaupun sebenarnya mereka bisa bermain draw sudah pasti akan meloloskan kedua Tim ke 16 besar namun hal itu tidak mereka lakukan. Sudah pasti mereka tidak akan melakukan perbuatan konyol tersebut. Ini Piala Dunia Bung. Sangat memalukan andai ada perbuatan tercela dengan bermain mata dalam satu pertandingan Kehormatan lebih diutamakan dari pada hanya sekedar kemenangan. Skenario indah Jerman sangat menyenangkan Amerika Serikat. Selamat untuk kedua Tim. Salam.

Bandung 27 Juni 2014

Simak Tulisan yang berhubungan dengan artikel ini http://olahraga.kompasiana.com/bola/2014/06/24/jurgen-klinsmann-kalahkan-jerman-668939.html