Wednesday, June 18, 2014

Piala Dunia Brazil : Meramal Nasib Spanyol

Sergio Ramos Bangga Terpilih Jadi Duta Komite Spanyol untuk UNICEF
Sergio Ramos
Foto : Zimbio

Oleh : Hendro Santoso

Kekalahan Spanyol dengan skore 1-5 dari negeri Kincir Angin Belanda, telah membuat para penggemarnya harap-harap cemas. Apalagi pada saat itu Chili memenangkan pertandingan 3 - 1 melawan Australia, dengan sangat mengesankan.  Pertandingan itu memang sudah berlalu. Saat ini kubu Spanyol sedang berfikir keras terutama bagi Sang Pelatih, Del Bosque, bagaimana mengembalikan keutuhan mental para pemainnya setelah dibantai oleh Belanda. Spanyol sebagai juara bertahan Piala Dunia 2010 tentu saja memiliki pemain-pemain yang sudah matang di berbagai kompetisi Eropa. Namun demikian, tidak mudah bagi De Bosque memulihkan mental pemain yang sudah jatuh saat melawan Belanda, dibutuhkan kerja keras dan tekad untuk segera move on. Tanggal 19 Juni 2014 Spanyol akan menghadapi Chili. 

Melihat performa Chili saat mengalahkan Australia, kesebelasan Amerika Latin ini memiliki Alexis Sanchez sebagai motivator sehingga permainan Chili sangat apik tertata penuh dengan determinasi yang sistimatis. Bagi Spanyol pertandingan melawan Chili ini adalah pertandingan final, demikian pengakuan Xabi Alonso saat ditanya beberapa wartawan olah raga peliput Piala Dunia. Memang faktanya demikian, kalau Spanyol bisa melewati Chili peluang menjadi runner up Grup B mulai terbuka namun jika kalah atau draw, Spanyol Game over. Dengan para pemain yang berpengalaman tentu saja Spanyol diperkirakan akan dapat melewati Chili dan Australia lalu menjadi runner up Grup B.

Spanyol bisa saja berhasil masuk ke 16 besar namun dibabak ini sudah menunggu tuan rumah Brazil. Pertandingan ini adalah partai yang sangat ditunggu tunggu. Sekali lagi pembuktian siapa pemenangnya akan ditentukan oleh para pemain-pemain yang bermental juara, entah itu Spanyol atau Brazil. Jika Brazil memenangkan pertandingan, wajar saja skuadnya sangat komplit apalagi sebagai tuan rumah diharapkan oleh para  pendukungnya, Brazil bisa menuju final dan  juara. Jika ini terjadi maka Spanyol sebagai juara bertahan harus berhenti di babak 16 besar. Mungkinkah Spanyol menumbangkan Brazil di babak 16 besar?. Kalau ini terjadi maka kemengan Spanyol merupakan tinta sejarah apalagi jika Spanyol berhasil mempertahankan gelar juara dunia yang direbut pada tahun 2010.

Piala Dunia Brazil masih belum usai, baru saja dimulai maka harapan Spanyol pun belum usai bahkan baru saja dimulai untuk kembali ditata setelah menerima penghinaan dari Belanda. Maju terus Spanyol.

Note : Tulisan ini aku persembahkan kepada para suporter Spanyol

Bandung 15 Juni 2014





No comments:

Post a Comment