Thursday, June 19, 2014

Piala Dunia 2014 : Spanyol Akhirnya Pulang Lebih Awal

Aranguiz Juga Kreator Gol Pertama Chile ke Gawang Spanyol
Charles Aranguiz mencetak gol ke 2 Chili
Foto : Tribunnews

Oleh : Hendro Santoso

Dalam duel yang menegangkan melawan Chili para pemain Spanyol telah bekerja keras untul membuktikan kematangan mental juara mereka. Namun akhirnya Spanyol harus mengakui keunggulan Chile. Pada babak pertama Spanyol sudah ketinggalan 0-2 berkat gol yang disarangkan oleh Eduardo Vargas pada menit ke 20 dan Charles Aranguiz pada menit ke 43. Pada babak kedua Fernando Torres pun masuk namun tidak mampu berbuat banyak walaupun para Pemain Spanyol menguasai pertandingan dengan mengepung pertahanan Chili gol yang ditunggu tidak pernah tercipta sampai pertandingan berakhir.

Nasib Spanyol ini sama seperti Juara Betahan Brazil, Prancis dan Italia yang sudah gugur di babak penyisihan setelah 4 tahun sebelumnya menjuarai Piala Dunia. Ketiga juara bertahan itu gugur di babak penyisihan pada gelaran Piala Dunia edisi berikutnya.

Tercatat pada edisi 1998, Prancis menjuarai Piala Dunia pertamanya. Saat itu Prancis sebagai tuan rumah. Namun empat tahun kemudian di Piala Dunia Korea-Jepang tahun 2002, Sang Juara Bertahan ini bermain sangat buruk mengalami dua kali kekalahan, dan tidak mencetak gol. Les Bleus harus tersingkir karena hanya jadi juru kunci di Grup A.

Giliran Italia yang mengalami hal serupa pada tahun 2010. Sebagai juara bertahan Piala Dunia 2006, mereka menjadi juru kunci di grupnya sehingga tersisih di babak pertama. Gli Azzurri gagal lolos ke putaran kedua.

Sebelum Prancis dan Italia, Brasil, yang menjuarai Piala Dunia pada tahun 1962, namun kandas pada babak pertama Piala Dunia 1966 di Inggris.

Selamat jalan Sang Juara Bertahan Spanyol. Sampai jumpa empat tahun mendatang.

Bandung 19 Juni 2014

http://olahraga.kompasiana.com/bola/2014/06/19/piala-dunia-2014-spanyol-akhirnya-pulang-lebih-awal-667549.html




No comments:

Post a Comment