Tuesday, February 26, 2013

Barcelona vs Madrid: Tergantung Dua Alien

Barcelona vs Madrid: Tergantung Dua Alien
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Lionel-Messi-dan-Cristiano-Ronaldo-bersalaman.jpg


TRIBUNNEWS.COM, BARCELONA -Keduanya untuk kali pertama gagal mencetak gol pada laga El Clasico di leg pertama babak semifinal Copa del Rey, 31 Januari lalu. Tapi pada leg kedua, Rabu (27/2) dinihari, bertempat di Stadion Camp Nou, dua alien ini diprediksi akan menjadi penentu.
Ya, dua sosok yang disebut-sebut berasal dari planet lain alias alien, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, untuk kesekian kalinya akan kembali beradu ketajaman dalam laga El Calsico antara Barcelona kontra Real Madrid.
Laga ini sangat krusial, bahkan diibaratkan seperti final. Setelah bermain imbang 1-1 pada leg pertama, peluang Barca dan Madrid untuk merebut tiket ke partai puncak masih fifty-fifty.
Hanya Barca sedikit diuntungkan karena bermain di kandang dan cukup meraih hasil imbang 0-0. Sedang Madrid yang bertindak sebagai tim tamu wajib menang atau minimal imbang 2-2.
Dalam kondisi krusial seperti ini, sosok Messi dan Ronaldo sangat vital. LM dan CR7 pun sudah siap menjebol gawang lawan demi satu tiket ke babak final.
Messi sedang dalam performa bagus setelah mengukir rekor selalu mencetak gol dalam 15 pertandingan di La Liga. Musim ini Messi sudah mencetak 49 gol, 38 di antaranya dicetak di La Liga sehingga kokoh sebagai pemuncak pencetak gol terbanyak.
Si Kutu asal Argentina itu pun tidak menunjukkan kelelahan sama sekali meski Barcelona sedang menjalani jadwal padat. Ia dimainkan ketika melawan AC Milan di Liga Champions, Kamis (21/2), dan dua hari kemudian menghadapi Sevilla di La Liga.
"Saya sudah terbiasa bermain di semua pertandingan selama bertahun-tahun dan saya rasa kebugaran saya terus meningkat. Saya justru tampil lebih baik jika tidak diistirahatkan," kata Messi, yang mencetak satu gol ke gawang Sevilla, dikutip Marca.
Sementara Ronaldo mendapat waktu istirahat kala Madrid menghempaskan Deportivo La Coruna 2-1 di La Liga, Sabtu (23/2). Pelatih Jose Mourinho sengaja tidak memainkannya agar lebih fresh melawan Barca.
Dengan kondisi bugar ia pun akan menjadi momok bagi pertahanan Barca yang mulai merapuh. "Ronaldo adalah yang terbaik di dunia. Dia memiliki semua kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi seorang atlet," puji bek Real Madrid, Pepe, dikutip dari Marca.
Gelontoran gol Messi dan Ronaldo sangat dibutuhkan oleh tim masing-masing demi meraih tiket lolos ke babak final. Setelah keduanya mengalami paceklik di Bernabeu, kini Messi dan Ronaldo siap menggila.
Khusus di ajang El Clasico, Messi telah mengoleksi 17 gol dalam 22 laga dan hanya tertinggal satu gol dari legenda Madrid, Alfredo Di Stefano, yang sekaligus menjadi top scorer. Sedang Ronaldo total sudah mengemas 10 gol di El Clasico. Jumlah itu membuat namanya masuk dalam daftar delapan top scorer di El Clasico.
Dari rata-rata gol di El Clasico, Ronaldo unggul dengan 1,01 gol per laga. Sementara Messi hanya memiliki catatan 0,82 gol per laga.
Untuk El Clasico di Camp Nou, statistik menunjukkan Ronaldo lebih baik. Dalam lima El Clasico di markas Barca itu, CR7 selalu mencetak gol. Teranyar, pemain berusia 28 tahun kelahiran Pulau Madeira, Portugal, itu, mencetak dwigol di La Liga pertemuan di pekan ketujuh musim ini. Total, Ronaldo mencetak enam gol dalam lima kesempatan.
Kini, di hadapan Ronaldo, terbentang rekor baru. Sepanjang sejarah, tak ada pemain yang mampu mencetak gol dalam enam laga beruntun di Camp Nou. Bahkan Messi sekalipun.
Kubu Barca menegaskan akan tetap bermain dengan ciri khasnya, mengusung gaya tiki-taka dan menyerang sejak awal. Mereka tak akan berpikir bermain bertahan meski hanya butuh hasil imbang 0-0.
"Kami harus mengerahkan kemampuan terbaik kami saat melawan Madrid karena mereka adalah tim hebat dengan pemain-pemain luar biasa," tutur Messi.
"Kami harus kembali ke bentuk permainan asli kami sebelumnya dan tidak memikirkan apa yang telah terjadi saat melawan Milan dan Sevilla," lanjut Si Kutu.
Gelandang Cesc Fabregas menegaskan Barcelona harus tampil seefektif mungkin saat melawan Madrid. Menurut Fabregas, semua peluang yang diperoleh harus bisa dikonversikan menjadi gol.
"Vital untuk mencetak gol, kami tidak bisa bertanding dengan sikap menunggu apa yang terjadi. Tahun lalu di leg kedua El Clasico, kami mendapat hasil bagus pada partai tandang dan kami hampir tersingkir. Madrid sangat berbahaya dan agar bisa lolos kami harus memainkan sepakbola terbaik," kata mantan kapten Arsenal itu kepada Barca TV.
Barcelona kembali tidak didampingi oleh Pelatih Tito Vilanova yang masih menjalani perawatan di New York, Amerika Serikat.
Namun, Carles Puyol, Jordi Alba, Sergio Busquets, Cesc Fabregas, dan Pedro Rodriquez sudah bisa kembali memperkuat tim setelah diistirahatkan melawan Sevilla. Maestro lini tengah Xavi Hernandez juga kembali ke starting XI setelah menjadi pemain pengganti Sabtu lalu.
Memertahankan karakter asli permainan juga akan diterapkan oleh Real Madrid. El Real akan mengutamakan kolektivitas tim dengan mengandalkan fisik, power, serta serangan balik yang cepat.
"Jika kami bermain sebagai sebuah tim, kami akan memiliki kesempatan bagus untuk memenangkan pertandingan. Kami harus mempertahankan gaya bermain kami dan melakukan apa yang diinstruksikan Pelatih Jose Mourinho," kata bek tengah Madrid, Pepe.
Madrid akan kembali diperkuat pemain-pemain utama mereka seperti Xabi Alonso, Karim Benzema, dan Raphael Varane. Ketiga pemain tersebut telah sembuh dari cedera.
"Saya terus berusaha pulih sebelum melawan Barcelona. Saya bekerja keras dan banyak berharap untuk segera bergabung dengan tim secepat mungkin di minggu penting ini," ujar Benzema.
Los Blancos juga akan mendapat tambahan amunisi seperti Sergio Ramos, Fabio Coentrao, dan Angel Di Maria yang sudah bebas dari suspensi. Hanya kiper Iker Casillas yang masih absen karena cedera. (Tribunnews.com/deo)
http://www.tribunnews.com/2013/02/26/barcelona-vs-madrid-tergantung-dua-alien
Penulis: Deodatus Pradipto  |  Editor: Ravianto  |  Sumber: Tribun Jakarta