Tuesday, February 5, 2013

Ini Pemain-pemain Irak yang Harus Diwaspadai



AFP/MARWAN NAAMANI

Penulis: Okky Herman Dilaga 


DUBAI, KOMPAS.com - Tim nasional Indonesia akan mengawali laga Pra-Piala Asia 2015 Grup C melawan Irak di Stadion Al-Rashid, Dubai, Rabu (6/2/2013). Irak dianggap sebagai salah satu kekuatan sepak bola Asia, apalagi pernah juara Piala Asia 2007.
Negara berperingkat 89 dunia itu memiliki beberapa pemain kunci yang patut diwaspadai. Berikut pemain-pemain kunci Irak di tiap lini:
Norr Sabri (penjaga gawang)
Kiper yang masih berusia 28 tahun ini telah 11 tahun merasakan tampil di tim senior Irak. Perannya di tim juga besar, mengingat Kiper Al-Naft itu adalah wakil kapten Younis Mahmoud. Sabri sudah merasakan 84 pertandingan internasional bersama Irak. Kiper bergaji Rp 1 miliar per bulan bersama klubnya itu merupakan salah satu pemain Irak yang sukses memboyong Piala Asia 2007 lalu.
Ali Rehema (bek tengah)
Salah satu palang pintu Irak yang sulit ditembus. Meski hanya berpostur 180 centimeter, Ali Rehema terbukti menjadi andalan Irak sejak delapan tahun terakhir. Memulai debut di tim senior Irak saat berusia 20 tahun, Rehema langsung menjadi anggota tim utama. Hingga kini, Rehema sudah merasakan 92 penampilan internasional dengan torehan satu gol.
Alaa Abdul-Zahra (gelandang serang)
Delapan tahun lalu, media-media Irak mengklaim Alaa Abdoul-Zahra merupakan calon pemain masa depan Irak. Hal tersebut terjadi ketika Al-Zawraa memutuskan merekrut Abdoul-Zahra saat masih berusia 17 tahun. Prediksi tersebut tak meleset. Masih berusia 25 tahun, Abdoul-Zahra sudah menjadi bagian inti penyerangan Irak. Tercatat, ia memiliki 47 penampilan internasional dengan 10 gol. Ini menjadi bukti aksi pemain kelahiran 22 Desember 1987 itu.
Younis Mahmoud (penyerang)
Tak terbantahkan, Younis Mahmoud adalah pemain paling penting di Irak. Kapten sekaligus memegang penampilan tim senior terbanyak ketiga sepanjang sejarah Irak, menjadi jejak rekam luar biasa Mahmoud. Mahmoud saat ini menempati daftar pencetak gol terbanyak kedua di Irak dengan 45 gol. Prestasi terbesar Mahmoud adalah menjadi pemain terbaik Piala Asia 2007. Selain itu, Mahmoud juga pernah menjadi salah satu nomine 50 besar Ballon d'Or 2007. Pada saat itu, Mahmoud menempati peringkat ke-29 pemain terbaik dunia.
Editor : Hery Prasetyo 

http://bola.kompas.com/read/2013/02/04/10553269/Ini.Pemainpemain.Irak.yang.Harus.Diwaspadai


No comments:

Post a Comment