Thursday, February 7, 2013

Gara-Gara Pelatih Baru, Internal PSSI Pecah Kongsi




Metrotvnews.com/ip



Metrotvnews.com, Jakarta: PSSI Pimpinan Djohar Arifin kini bukan hanya dirongrong oleh Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia. Dari internal organisasi sendiri, kondisi mereka tidak lagi kondusif menyusul wacana penunjukkan pelatih baru tim nasional Indonesia menggantikan Nil Maizar.

Wacana tersebut dihembuskan Djohar, Kamis (7/2) siang, di PSSI dengan langsung memperkenalkan Luis Manuel Blanco. Pelatih asal Argentina itu disebut Djohar akan menggantikan posisi Nil sebagai pelatih kepala timnas senior dan Aji Santoso sebagai timnas U-23.

"Luis dikontrak dua tahun untuk menangani timnas senior dan timnas U-23 untuk SEA Games 2013," kata Djohar.

Menanggapi hal ini, anggota exco PSSI yang juga Koordinator Timnas Bob Hippy melakukan keterangan pers terpisah. Dengan muka memerah, ia menandaskan langkah Djohar Arifin yang menunjuk Luis Blanco bukan merepresentasikan sikap PSSI.

Pasalnya keputusan itu diambil tanpa melalui rapat exco, bahkan Bob mengaku belum mengetahui latar belakang Luis Blanco. Oleh karena itu, ia menjamin tidak akan ada perombakan tim kepelatihan timnas, termasuk posisi Nil, Fabio dan Komarudin serta Aji Santoso.

"Belum ada yang berubah karena penunjukkan itu belum melalui federasi. Barangkali dia (Djohar) salah, CV (Luis Blanco) saja saya belum baca," tandas Bob.

Dengan nada meninggi, Bob melanjutkan bahwa pengumuman pelatih baru hanya akan memperkeruh suasana saja. Kini, ia memilih untuk berkonsentrasi pada persiapan Skuat Garuda jelang laga lawan Arab Saudi di Tanah Air setelah tampil baik meski dikalahkan Irak 0-1.

"Saya cuma punya waktu sebulan, tidak ada waktu untuk pikir ganti pelatih. Mending juga pelatihnya tahu pemain-pemain Indonesia," sindir Bob.

Penunjukan yang mendadak itu membuat masa depan Nil Maizar tak menentu. Mau-tidak mau Nil pasti akan digeser atau dipecat, begitu pula Asisten Pelatih saat ini Fabio Oliveira dan Pelatih Fisik Komarudin, begitu pula Pelatih U-23 Aji Santoso.

Bukan hanya itu, pengangkatan yang serba mendadak ini pun mengundang kecurigaan bahwa proses tidak melalui rapat komite eksekutif. 

Mengomentari hal ini, Djohar justru berkata ketus dengan tameng bahwa langkah ini dilakukan demi kejayaan Merah-Putih. "Itu urusan kami. Dan ini semua demi Merah-Putih," ujarnya.

Di kesempatan tersebut, Bob didampingi anggota exco lainnya Sihar Sitorus justru memperkenalkan Lionel Charbonnier sebagai direktur timnas yang baru serta Paolo Camargo sebagai pelatih timnas U-14. Pengangkatan keduanya tinggal menunggu Surat Keputusan PSSI keluar.

Namun berbeda dengan Luis Blanco, kehadiran keduanya tidak akan mengakibatkan pemecatan terhadap siapapun. "Mereka dikontrak dua tahun, tapi kami jamin tidak ada pemecatan terhadap orang-orang yang sekarang sudah ada di timnas," kata Sihar. (Asni Harismi/Ray)

http://www.metrotvnews.com/bola/read/2013/02/07/431/129418/-Gara-Gara-Pelatih-Baru-Internal-PSSI-Pecah-Kongsi





No comments:

Post a Comment